Kamus Istilah Mobile Legends Yang Wajib Kalian Tahu - Mobile Legends Indonesia | Tips dan Trik | Hero | Item Build -->

Thursday, June 22, 2017

Kamus Istilah Mobile Legends Yang Wajib Kalian Tahu

Kamus Istilah Mobile Legends Yang Wajib Kalian Tahu - Penting ngak sih mengetahui istilah-istilah dalam mobile legends?, sangat penting menurut saya, apalagi buat yang masih pemula, pasti bingung dan tidak mengerti kalau ada teman se team menulis di chatingan dasar "buta map" atau "Noob".

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Nickname Berwarna Mobile Legends
Ada baiknya sebelum bermain mobile legends harus tahu dulu istilah yang sering dipakai oleh player pro saat sedang bermain. Memang sering dianggap sepeleh, namun dengan memahami kode ini dijamin team akan semakin kompak karna saling mengerti.


Berikut istilah yang sering dipakai saat bermain game mobile legends bang bang.

 A
ADC (Attack Damage Carry) : Anggota tim yang damagenya besar di pertandingan
AFK (Away from Keyboard) : player yang meninggalkan pertandingan, hal ini ada yang disengaja dan tidak di sengaja. Bahkan jika yang terjadi adalah kesalahan teknis di luar kendali player tersebut pun (misal: terjadi gangguan jaringan), maka player tersebut tetap disebut AFK.
AI: Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan), lebih dikenal sebagai komputer. Misal, mode Human VS AI = mode manusia VS komputer. Dan saat lu AFK, biasanya hero lu diambil alih oleh komputer.
Assist: Saat temen kamu dapet kill, dan kamu berpartisipasi dalam kill tersebut, maka kamu akan dapet point assist.

B
Bot : Bottom Lane, Jalur Bawah.
Buta Map: Adalah istilah untuk orang yang jarang ngecek map di game. Sibuk war/kill/jungling, sementara tower ga kejaga dengan baik.

C
Carry: Carry adalah ADC
CD (CoolDown) : Waktu yang diperlukan agar skill/efekfasilitas tertentu bisa digunakan kembali. 
CDR: Cooldown Reduction, Penurunan Cooldown
CN (Change Name/Change Nick): Ganti nama, untuk mengganti nama di Mobile Legends perlu item Change Name.

D
DPS: Damage Per Second, yaitu Damage rata-rata yang dihasilkan tiap detiknya.

E
Early Game: Awal-awal pertandingan dimulai, saat level masih pada kecil dan gears belum pada jadi.

F
Feed/Feeder: Adalah istilah untuk anggota yang terlalu sering mati di game. Ini merugikan tim karena tim lawan mendapat skor, exp, dan gold tiap anggota ada yang terbunuh. Anggota tim dikatakan bisa dikatakan feeder jika jumlah deathnya diatas 40% dari jumlah total death tim, dan kill maupun assistnya dibawah rata-rata. Jika anggota tim kalian ada yang seperti ini, jangan semerta-merta diflame/dibacotin, kasih arahan atau suruh support malah lebih baik.
Fountain : Ini adalah tempat buat ngisi Darah dan Mana ketika sudah mau habis. Bianya didatangi via teleport.

G
Gears: Gears merupakan peralatan yang disiapkan untuk hero. Gears antara lain adalah, senjata, armor, sepatu, dan magic. Tiap hero bisa mengatur equip set kesukaannya. Tiap set gears terdiri atas 6 gear.

H
Harass: Mancing lawan buat nyerang kamu, biasanya dengan attack berjarak.

I
IGN (In Game Name): Nama atau Nick yang Anda gunakan di dalam game (nama character).
Imba: Imbalance, Tidak Imbang, biasanya merujuk ke kata-kata Terlalu Kuat, misal; Moskov Imba banget bisa Stun 2 detik, yah you know lah maksudnya tentu saja itu terlalu kuat.

J
Jungling: Kill monster di jungle buat leveling dan cari gold.

K
KDA (Kill, Death, Assist) : Merupakan rasio (perbandingan) dari Kill, Death dan Assist selama pertandingan. Rumusnya adalah (KILL + ASSIST) : (DEATH+1). Misal Kill lu 10, Assist lu 5 dan Death lu 2, maka ngitungnya (10+5) : (2+1) = 15 : 3 = 5, jadi KDA lu adalah 5 di pertandingan tersebut.
Kill : akan mencetak 1 skor di pertandingan, kill didapat oleh yang melakukan last hit pada yang dikill. Jadi walaupun temenlu ngasih 90% damage, dan 10% last hitnya elu yang lakukan, maka kill tersebut jadi milik elu. (Seksi KDA ini telah diralat dari tulisan saya sebelumnya).
CMIIW (Tolong benerin ya kalau gw salah)
Catatan: Rumus untuk menghitung KDA berbeda dengan rumus untuk menghitung MVP
KS (Kill Steal) : Saat elu capek-capek gebukin musuh dan kemudian tetiba temenlu dateng buat last hit, maka disitulah lu kena KS, wkwkwk. Namun ini adalah MOBA games, sudah sewayahnya seperti itu, saling bantu dalam ngancurin musuh. Kalo lu masih mikirin KS atau bahkan sampai ngetik di chat, sebaiknya mulai sekarang maklumi hal tersebut. Game Barbie tuh bro ga ada KS KSnya.

L
Late Game: Ini adalah ketika level sudah pada tinggi dan item sudah pada jadi.
LifeSteal: Efek untuk menghisap darah target dan menjadikannya darah kita. Efek ini ada pada beberapa gears seperti Tooth of Greed, Endless Battle, sama pedang item itu gw lupa namanya. Ada juga hero yang punya Efek lifesteal seperti Alucard, Ruby dan Alice.

M
Mid : Middle Lane, Jalur tengah
MVP: Most Valuable Player, Pemain paling berpengaruh (secara kalkulasi).

N
Nerf: Penurunan skill/efek/kemampuan/CD skill, dan semacamnya. Ada juga yang nyebut Nerf itu Negative Reformation.
Nyampah: Ini semacam Kill Steal, yaitu tinggal ngekill saat darah musuh sudah tipis.
Noob : player pemula

O
OP (OverPower): Terlalu kuat.
Open War: Ini adalah istilah saat ada pengguna yang pertama kali berinisiasi untuk ngebuka war. Open war biasanya dilakukan oleh role rank dan intiator.

P
Physical/Magic Penetration: adalah Item/efek untuk mempermudah masuknya serangan terhadap lawan yang memiliki armor seperti misalnya tank. Role lainnya juga biasanya memiliki setidaknya 1 armor saat late game.
Poke: serangan kecil ke musuh, biasanya bertujuan untuk mencicil darahnya.

R
Roam/Roaming: Ini adalah istilah untuk berpindah-pindah lane. User yang suka roaming biasanya pengguna Assassin seperti Natalia dan Alucard. Roaming sendiri biasanya bertujuan buat ngebantu tim ngekill penjaga tower lawan.
Role: Peranan Hero. misal; support, fighter, marksman, dlsb.

S
Solo Mid : di Jalur tengah sendirian
Spell : Merupakan beberapa macam kemampuan yang dapat kamu pilih sebelum battle. Yang antara lain buat nambah damage, nambah kecepatan, nge-stun musuh, non-aktifkan tower lawan, dan lain sebagainya.
Stun : efek yang membuat terget tidak bisa melakukan apapun (termasuk skill dan kemampuan lainnya). Efek ini dapat dihilangkan dengan Spell Purify.

T
Teleport: Menu untuk balik ke fountain secara cepat. Jadi lu ga perlu capek-capek jalan kaki kalo lokasi lu jauh.
Top : Top lane, Jalur atas
Istilah Khusus build hero (Credit to Indra Setiawan)
Hero Builds berkaitan dengan Equipment yang dipakai Hero agar buff yang diinginkan bisa kita gunakan secara maksimal saat bertarung melawan musuh.
Ada beberapa istilah builds yang perlu diketahui yakni:
AS (Attack Speed) Build – Meningkatkan kecepatan serang Hero per detik.
AD (Attack Damage) Build – Meningkatkan besaran damage per serangan.
AP (Ability Power) Build – Meningkatkan besaran damage dari Ability yang dimiliki Hero.
Tank Build – Meningkatkan Durability (HP) Hero
Team Buff Build – Meningkatkan besaran buff yang bisa anda bagikan ke kawan-kawan seperjuangan anda 
Jungle Build – Mempermudah melawan monster di map

Baca dan pelajari, kalau bisa di buat poster lalu di tempelkan di dinding hehe. Faktanya dengan mengetahui istilah-itilah di game mobile legends diatas, dapat meningkatkan kemungkinan menang di match up maupun di rank match. Tak hanya digunakan di mobile legends, istilah-istilah diatas sering juga dipakai di game MOBA lainnya.

sumber : irumira.com

Previous
Next Post »

Post a Comment

 
IBX5B7A525CAF9A7
Protected by Copyscape